Ir. Didit Richardi, MT, Kadis PCKTRP Selaku Penguji Tamu Mata Kuliah Studio Analisis Wilayah Semester Ganjil 2021/2022 Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah Dan Kota UGM

Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau menjadi Delegasi Kabupaten Sanggau sebagai Penguji Tamu pada Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Studio Analisis Wilayah Semester Ganjil 2021/2022 Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah Dan Kota Departemen Teknik Arsitektur Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bersama Kepala Bidang  Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kabupaten Sanggau, Yulius Elto, S.Sos.,M.A.P. pada hari Selasa, 14 Desember 2021.

Ujian Akhir Semester Studi analisis wilayah semester ganjil Tahun Anggaran 2021/2022 dilaksanakan via aplikasi zoom Pukul 09.00 WIB hingga selesai. Konsepnya di bagi menjadi 2 (kelompok) yaitu studi 1 dan studi 2 dengan jumlah peserta setiap studi 7 orang. Masing–masing penguji tamu diberi durasi waktu berdiskusi 30 menit untuk setiap studi dengan dipandu dosen pembimbing Atrida Hadianti, ST.,M.Sc.,Ph.D.

Materi diskusi meliputi meliputi Fisik Wilayah, Sosial Kependudukan, Ekonomi Wilayah, Sarana Prasarana, Struktur Ruang, Pola Ruang, Review Dokumen, Potensi Masalah, Isu Strategis, Arah Pengembangan. Setiap peserta begitu antusias berpartisipasi aktif dan komunikatif sehingga seluruh materi diskusi dibahas tuntas dan sukses menghasilkan rekomendasi sebagai skenario ilmiah penataan dan pemanfaatan kawasan khususnya di Kabupaten Sanggau sebagai bagian dari strategi pembangunan yang mengedepankan aspek lingkungan, keberlangsungan dan manfaat.

Rekomedasi hasil diskusi juga bisa menjadi bahan studi untuk mengukur relevansi RTRW dengan RPJP dan RPJP dengan RPJMD sebagai acuan pola pembangunan di Kabupaten Sanggau berbasis Sustainability Developement Goals dengan mempertimbangkan aspek potensi dan masalah wilayah dalam perencanaan dan pelaksanaannya. (@ak)