Kadis PCKTRP, Ir. Didit Richardi, MT. memimpin diskusi presentasi aplikasi Djamin

Salah satu terobosan inovasi pelayanan berbasis elektronik untuk menunjang peningkatan Standar Pelayanan Minimal adalah penerapan aplikasi berbasis web. Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau mengadakan diskusi dan evaluasi aplikasi berbasis web dengan nama DJAMIN, Database Jalan Lingkungan & Sistem Penyediaan Air Minum yang dipresentasikan oleh Konsultan Pengembang pada Selasa, 21 Desember 2021.

Kegiatan yang diprakarsai Kepala Bidang Permukiman, Agus Hidayat, ST., M.Ec., Dev, dipimpin oleh Kadis PCKTRP, dihadiri Tim Pengembang Aplikasi, Kepala Bappeda, Perwakilan Diskominfo, Perwakilan Kecamatan Bonti dan Parindu sebagai sampel wilayah serta Staf DPCKTRP.

Dalam presentasinya, Konsultan Pengembang Aplikasi memaparkan bahwa Aplikasi Djamen adalah database berbasis web yang menyajikan data- data jalan lingkungan dan air minum di Kabupaten Sanggau yang akan menjadi pusat informasi yang berisi gambaran umum mengenai kondisi eksisting jalan lingkungan dan sebaran layanan SPAM. Aplikasi ini juga menghadirkan layanan aduan penerima manfaat terkait mutu pelayanan maupun kondisi infrastruktur yang memerlukan perbaikan dan peningkatan untuk bisa ditindak lanjuti dengan cepat dan tepat sasaran.

Kadis PCKTRP dalam sesi diskusi dan evaluasi terhadap implementasi aplikasi DJAMIN menyampaikan perlunya sinergitas dan koordinasi antar OPD pengampu kebijakan dan program yang memiliki urusan yang sama serta pentingnya verifikasi aduan sebelum ditindaklanjuti. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan kepada Konsultan Pengembang Aplikasi masukan- masukan teknis strategis dari Kepala Bappeda, Perwakilan Diskominfo, Kecamatan Bonti dan Parindu menyangkut akurasi data, koordinasi wilayah, kebijakan satu data, satu peta, satu domain web hosting dan keberlanjutan sistem informasi sehingga bisa terus dimanfaatkan dalam jangka panjang untuk menunjang optimalisasi pelayanan pembangunan khususnya di Kabupaten Sanggau. (@ak221221)